Tips Menguasai Pasar Dengan Bisnis Franchise

Menguasai pasar berarti kita akan mengukur besaran kuantitas. Artinya sebagai pebisnis kita perlu tahu benar berapa besar potensi pasarnya baik dari jumlah potensi pelanggannya, maupun besarnya nilai uang yang ada, serta kuantitas pesaingnya.

Khusus untuk bisnis franchise, kecepatan pengembangan pembukaan gerai juga akan menjadi nilai tambah dalam merebut potensi pasar. Franchising adalah salah satu cara untuk melakukan penetrasi pasar dengan cepat dan meluas.

Untuk menguasai pasar maka artinya juga kita perlu menjaga pasar yang sudah didapat melalui persaingan agar tidak lepas lagi. Untuk mememberikan gambaran yang lebih jelas, saya kerap mengutip ibarat yang disampaikan oleh Roger Hamilton, yaitu:

Ibarat kita menginginkan kupu-kupu yang banyak untuk ada di taman kita, mungkin kita tidak perlu membuat jaring yang besar. Jaring yang besar mungkin bisa menangkap kupu-kupu yang banyak, tetapi kupu-kupu itu mungkin akan lepas lagi saat jaringnya dibuka.

Upaya lain yang bisa kita lakukan adalah membuat taman kita yang indah dan penuh bunga. Dengan demikian kupu-kupu itu akan datang sendiri dan tidak pergi lagi. Yang perlu kita lakukan adalah merawat dan membuat bunga-bunga nya tumbuh lebih banyak.

Demikian juga dengan kiat menguasai pasar. Pelanggan yang sudah datang dari upaya memenangkan persaingan perlu dirawat agar mereka selalu menjadi pelanggan yang loyal. Mereka juga akan menarik pelanggan-pelanggan baru lainnya untuk datang kebisnis kita.

Didalam bisnis franchise untuk menguasai pasar dan menjadi market leader tidak hanya perlu mempercepat mengembangkan jaringan franchiseenya. Tetapi juga merawat mereka agar mereka menjadi lebih sukses, dan bahkan memberdayakan mereka agar mereka dapat mandiri mengembangkan pasarnya. Tetapi, franchisornya juga dapat memberikan pengertian bahwa suksesnya franchisee adalah atas kerjasama dan dukungan dari franchisornya.

Menjadi market leader dengan franchising adalah membangun para franchisee nya menjadi sukses dan mandiri, tetapi tetap dengan pengertian bahwa franchisor lah yang membuat mereka sukses..Selamat Berbisnis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *