Cara Bisnis Waralaba Menjadi Ekspansif

Franchisor tentunya mengharapkan seluruh franchiseenya bisa berkembang dan sukses seperti dirinya. Pun demikian, Franchisee mana yang tidak ingin outletnya berkembang? Berkembang tidak hanya di tatanan perkotaan yang sudah sesak dengan kompetisi. Namun juga mampu menembus Kabupaten dan Kecamatan. Menarik untuk disimak, bahwa dewasa ini antuasiasme masyarakat daerah sangat tinggi.

Dari perbincangan saya dengan beberapa Franchisor, arah ekspansi bisnis memang mereka arahkan ke Kabupatan atau Kecamatan. Luar Pulau jawa juga menjanjinkan potensi yang luar biasa besar seperti Kalimantan, Sulawesi, Bahkan Papua.

Bayangkan jika franchise Anda bisa menembus pasar setiap kabupaten bahkan kecamatan di Indonesia, maka akan menjadi raksasa bisnis yang luar biasa.

Pasar Daerah

Masuk ke pasar dearah tentu saja tidak mudah. Terlebih market daerah cenderung memiliki daya beli yang rendah. Bahkan jarak yang jauh dan sarana transportasi yang buruk juga jadi ganjalan. Namun semenjak otonomi daerah peta peredaran uang sedikit berubah sehingga membuat keran ekonomi di daerah semakin terbuka. Tentu hal ini membuat peluang baru bagi bisnis franchise.

Pasar daerah juga memiliki karakter, budaya yang berbeda. Belum masalah tenaga profesional susah didapat. Untuk memasukinya perlu keseriusan. Bahkan perlu pengkajian yang matang akan market setempat. Dan yang penting juga perlu memahami psikografis daerah dengan pendekatan creative promotion mengikuti karakter lokal.

Dengan melalui sistem franchise permasalah diatas jadi lebih ringan. Pasalnya, franchisee bisa membantu dari sisi manajemen outlet, lokal skill, promotion bahkan masalah SDM sekalipun.

Perlu dicatat, Setidaknya ada dua buah pendekatan yang bisa dilakukan untuk masuk pasar daerah Pertama yakni mengokohkan jalur distribusi Kedua, tentunya bermain dengan harga murah.

Di luar itu, grand design pemasaran franchise perlu dimatangkan kapan Anda mulai siap merangsek ke pasar kabupaten bahkan kecamatan. Untuk itu, diperlukan perencanaan yang matang. Analisa pasar yang akurat, penguasaan lokal knowledge yang baik dan kalkulasi bisnis yang tepat. Bukan mustahil franchise Anda hadir di setiap kota Kabupaten bahkan hingga kecamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *