Cara Membuka Bisnis Waralaba Di Kota Kecil

Prospek bisnis waralaba Tanah Air sesungguhnya kian menjanjikan, mengingat sektor ini adalah salah satu cara untuk percepatan pengembangan bisnis. Dan tentu saja ini terkait dengan program pencetakan wirausaha-wirausaha baru serta dapat memperkuat pengembangan ekonomi di daerah-daerah yang membutuhkan unsur-unsur pengembangan yang lebih modern.

Namun, timbul sebuah pertanyaan besar. Apakah bisnis waralaba hanya bisa untung manakala gerai waralaba suatu brand hanya dibuka di kota besar? Bagaimana jika membuka bisnis waralaba di kota kecil yang jauh dari ibukota? Muncul isu bahwa membuka bisnis waralaba di luar kota besar akan mendapatkan kerugian?

Jawabannya belum tentu. itu umumnya berlaku untuk mereka yang mengandalkan populasi dan belanja cara fisik atau konvensional. Namun di era digital ini ada beberapa bisnis yang akan dikembangkan secara digital dan diwaralabakan.

Mengembangkan bisnis waralaba di kota kecil atau bukan ibu kota harus sesuai dengan segmentasinya, dalam hal ini mengutamakan kebutuhan dan keadaan ekonomi masyarakatnya (demografis), sehingga kita dapat melihat contoh membuka minimarket (bukan supermarket) yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari, ternyata lebih tepat. Demikian juga membuka gerai salon yang murah meriah, dapat menjawab ekspektasi gaya hidup moderen masyarakat kota kecil dengan selera kekinian.

Poin yang harus dicermati manakala seorang pebisnis ingin membuka usaha waralaba di kota kecil ialah cermati dengan seksama potret demografis dan psikografisnya, apa yang dicari dan apa yang dapat diterima oleh masyarakatnya. Bagaimana kondisi ekonomi maupun dinamika sosial-budaya masyarakat kota tersebut serta penerimaan terhadap hal-hal yang lebih baru.

Adapun produknya yang bisa dipasarkan di kota kecil sebagaimana saya sebutkan, minimarket menjadi contoh. Disamping itu, juga dapat dikembangkan salon sekelas  Yopie, counter tiket, gerai cukur, restoran chinese-halal seperti Metro,pemain dari Bandung yang membidik pasar pinggiran, pemukiman padat, serta kota yang lebih kecil. Laundry kiloan saya melihatnya juga memiliki prospek, khususnya kota kecil dekat daerah industri. Gerai waralaba kurir, layanan pos, tidak kalah menarik untuk dikembangkan.

Adapun untuk cara melakukan promosi atau strategi marketingnya bisa dengan menggunakan banner, sebarkan brosur dan radio lokal serta berikan harga khusus atau hadiah agar mereka mau mencoba. Ada kalanya dengan event kecil yang mengundang keramaian akan membuat gerai cepat dikenal. Namun yang tidak kalah penting adalah ‘bahasa promosi’ yang digunakan, agar lebih mengena dengan masyarakat di sana.

Selamat Berbisnis !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *