Jangan Menjadi Tuna Digital

Memakai kacamata silinder boleh dikatakan baru terjadi setelah 39 tahun di kehidupan saya. Agak risih dan aneh pertama memakainya dan banyak yang melihat agak berbeda. ” Itu kacamata gaya, ya ?”. Ejek salah satu teman baik saya. Tapi ini betul kacamata silinder karena kalau saya tidak menggunakannya, alhasil penglihatan jadi agak buram.

Pengalaman memakai kacamata pertama kali ini mengingatkan saya kepada beberapa fenomena pertama kalinya smartphone dikeluarkan di¬†Indonesia. Wah semuanya membeli telepon genggam pintar ini kalau perlu yang semahal dan se’gaya’ mungkin. Waktu itu saya masih setia memakai merek besutan negara Canada. Masih merasa ingin ikut menjadi salah satu trend pada masa itu dan makin ke sana saya pun ikut membeli alat komunikasi yang saking canggihnya terkadang bisa membuat kita rabun.

Ternyata setelah saya berpikir, saya pun tidak pasti atau buram dengan apa yang saya beli pada saat itu. Ibarat seorang tuna netra yang percaya dan mengikuti suara orang yang menuntunnya. Dan sama kejadiannya pada saat saya dan mungkin anda waktu membeli benda yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan hidup primer. Mengalahkan sandang,pangan dan papan. Biar miskin yang penting handphone keren.

Kalau ini dijadikan kebiasaan hidup untuk masa depan, klasifikasi keterbatasan orang akan bertambah. Akan timbul tuna-tuna yang lain seperti yang saya sebut tuna-digital atau kekurangan pengetahuan tentang kegunaan teknologi digital. Negara ini akan dipenuhi dengan teknologi yang tidak sesuai dengan pemakainya atau sumber daya manusianya. Idealnya, teknologi diciptakakan untuk memudahkan orang memakainya bukan untuk ‘pajangan’ saja.

Kesederhaan aplikasi teknologi juga diiringi dengan pola pikir sederhana seorang manusia. Mempunyai apapun yang disebut alat bantu pekerjaan seperti misalnya ‘gadget’ harus disesuaikan dengan fungsi kebutuhannya. Jangan sampai anda terjebak dengan menjaga ‘image’ dan menjadi tuna digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *