Keuntungan Menjadi Seorang Franchisee

Membuat bisnis dapat tumbuh menjadi besar tentunya membutuhkan strategi dan teknik bisnis yang memadai. Salah satu cara untuk membuat bisnis dapat tumbuh kembang ialah dengan mewaralabakan bisnis anda. Konsep waralaba atau franchise diakui sebagai suatu sistem yang ampuh dalam mempercepat pertumbuhan bisnis. Sebab, franchise merupakan satu konsep untuk memperluas koneksi dan jaringan.

Karenanya, dengan mewaralabakan satu bisnis maka peluang untuk menjadikan bisnis tersebut menjadi besar akan semakin terbuka lebar. Yang diuntungkannya pun dalam hal ini bukan hanya franchisor sebagai pemegang merek semata. Para mitra atau franchisee pun memiliki berbagai keunggulan dengan membeli usaha waralaba.

Adapun keunggulan membeli bisnis waralaba antara lain :

  1. Franchisee dapat menggunakan brand franchisor selama masa perjanjian franchise yang telah disepakati bersama. Merek yang sudah tinggi ekuitasnya berpotensi lebih besar dalam memenangkan persaingan merebut customer dibanding dengan memulai bisnisnya sendiri.
  2. Membeli satu merek franchise sama halnya dengan membeli sebuah sistem. Sistem disini mencakup manajemen, keuangan, pemasaran, alur pasokan dan logistik serta sumber daya manusia.
  3. Adanya bantuan pelatihan yang dilakukan oleh franchisor sebelum outlet satu waralaba dibuka dan setelah dibuka.
  4. Franchisor melakukan dan memberikan pendampingan terhadap franchisee. Hal ini berbeda jika membangun brand sendiri. Artinya, franchisor pun turut berpartisipasi atas kesuksesan satu merek yang telah dibeli oleh franchisee.
  5. Franchisor akan mentransfer pengalamannya dalam mengelola gerainya sehingga kendala-kendala yang terjadi di lapangan relatif lebih mudah teratasi dengan baik.

Dari penjelasan diatas maka menjadi seorang franchisee memiliki berbagai macam keunggulan ketimbang membangun brand sendiri. Dengan begitu, bisnis akan semakin mudah menjadi besar dan franchisee pun mendapatkan pasokan sistem yang memadai dari franchisor. Selamat Berwaralaba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *