Lebarkan Bisnis Waralaba Anda Hingga Mancanegara

Di era modern dengan konsep digital seperti sekarang ini, sebuah bisnis waralaba sejatinya bisa memanfaatkan momentum ini untuk mengembangkan bisnisnya hingga ke mancanegara. Namun, dalam praktiknya terkadang pebisnis waralaba Tanah Air cenderung ingin bermain aman dengan hanya mengembangkan bisnisnya di Indonesia, padahal jalan untuk membuka pintu bisnis waralaba di mancanegara makin besar seiring dengan perkembangan digital yang makin besar.

Pertanyaannya sekarang, bisakah pebisnis waralaba di Indonesia dapat dengan mudah melebarkan bisnisnya hingga ke mancanegera? Nah, berikut ini ada info dari Ari Nugrahanto selaku CEO Action Coach bagaimana cara pebisnis waralaba Tanah Air melebarkan sayapnya hingga mancanegara dan apa saja hambatannya.

Coach Ari Nugrahanto menilai digital mempunyai makna “No Border atau Borderless” yang artinya tidak ada batas. Maksudnya ialah tidak ada yang tidak mungkin dengan digital. “Artinya untuk melebarkan sayap ke luar negeri dari seorang pebisnis waralaba sangat terbuka lebar dan tidak ada kata yang tidak mungkin dengan masalah ini,” katanya.

Coach Ari menambahkan, dengan era digital seperti sekarang ini justru akan mempermudah para pelaku usaha bisnis waralaba untuk melebarkan sayapnya di mancanegara kalau ditinjau dari sudut penyediaan bahan baku. “Untuk pemesanan bahan baku bisa dilakukan melalui sistem digital dengan supplier dari berbagai sudut dunia manapun. Disamping itu, dengan konsep digital ini para pebisnis yang ingin melebarkan sayapnya ke mancanegara juga bisa membuat satu account untuk melakukan transaksi secara digital,” terangnya.

Namun Coach Ari Nugrahanto menuturkan bahwa tidak tertutup kemungkinan bahwa nantinya para pebisnis waralaba Tanah Air yang ingin melebarkan sayapnya ke mancanegara akan menemui beberapa kendala yang bisa mempersuit ekspansi bisnisnya ke luar negeri. “Misalnya sebut saja peraturan negara setempat dan material utama,” ujarnya.

Disamping itu, lanjut Coach Ari, permasalahan lokasi dan distribusi juga bisa menjadi kendala para pebisnis waralaba Tanah Air untuk membuka bisnisnya di mancanegara. Menurutnya, masalah ini bisa diselesaikan jika para pebisnis Tanah Air itu meninjau dahulu lokasi di luar negeri sambal melihat pangsa pasar di negara tersebut. “Jadi ketika akan membuka bisnis waralabanya di luar negeri si pebisnis sudah mengetahui kondisi di negara tersebut. Kemudian si pebisnis nya pun harus mengenal betul calon pembeli merek waralabanya,” terangnya.

Dengan arahan Coach Ari Nugrahanto diatas, semoga saja akan terus bertambah para pebisnis waralaba Tanah Air yang melebarkan sayapnya ke mancanegara. Hal ini bukan tanpa sebab, melainkan untuk membawa nama Indonesia menjadi semakin eksis di mancanegara. Bagi para pebisnis waralaba, ayo lebarkanlah sayap anda ke mancanegara mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *