Syarat Sebuah Usaha Bisa Di Waralabakan

Berbicara tentang peluang usaha, maka salah satu pintu gerbang untuk membuka keran peluang usaha yang bagus ialah dengan memfranchisekan usaha. Banyak contoh bisnis yang menuai kesuksesan dengan cara mewaralabakan bisnis. Lalu, timbul pertanyaan, kapan sebuah usaha bisa mulai di waralabakan?

Lazimnya sebuah bisnis, maka produk yang dijual harus bisa diterima oleh customer. Dalam hal ini, waralaba yang dijual harus memenuhi beberapa ketentuan sehingga para pemburu bisnis waralaba bisa melirik peluang usaha yang dibuka. Apa saja itu?

Pertama, usaha yang dibangun harus sukses dahulu. Ukuran sukses tidak hanya dalam hitungan bulan. Paling tidak, perlu dibuktikan dalam waktu tiga tahun terakhir. Kurang dari itu, belum menjadi reason bagi calon investor untuk membelinya.

Kedua, memastikan bahwa bisnis waralaba itu bisa berhasil. Artinya, usaha tersebut bila dijalankan oleh mitra atau franchisee dapat menguntungkan, jangan sampai niatan anda hanya sekadar untuk mendapatkan franchise fee atau menerapkan target jangka pendek tanpa mempertimbangkan faktor keberhasilan franchisee.

Ketiga, bisnis tersebut bisa sudah didaftarkan dengan nama atau mereknya. Hal ini dilakukan tak hanya untuk melindungi bisnis franchisor, namun juga franchisee yang menggunakan merek dari suatu waralaba.

Keempat, harus punya petunjuk manual untuk semua operasi usaha, baik harian, mingguan dan bulanan. Tujuannya agar franchisee bisa menjalankan usaha tersebut sesuai petunjuk manual secara sistematis seperti yang dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kelima, produk yang dijual harus punya daya tarik pasar dalam jangka waktu panjang. Biasanya, sejumlah produk hanya memiliki lifecycle yang sangat pendek atau hanya bersifat trend di waralabakan. Karenanya, harus diupayakan agar produk bisa bertahan lama di pasaran.

Terakhir, suatu bisnis waralaba harus mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber dana yang memadai untuk melakukan support usaha kedepannya. Di Indonesia masih banyak unit bisnis yang berpeluang untuk dikembangkan dengan sistem waralaba. Karenanya, jika satu usaha sudah mempunyai ciri diatas, maka jangan ragu untuk mewaralabakan usaha tersebut. Selamat Berwaralaba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *